Notification

×

Iklan

Iklan

Sidak Bupati YES : Perintahkan Agar Segera Dilakukan Tanggap Darurat Penanggulangan Banjir.

Sabtu, 06 November 2021 | November 06, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-06T03:33:29Z
Lamongan, Harian Memo - Bersama jajaran Dinas PU Sumber Daya Air dan Forkopimcam Turi, Bupati Yuhronur Efendi melihat kondisi terkini Kali Plalangan Kecamatan Turi usai meluap akibat hujan malam hari sebelumnya, Jumat (5/11/2021).

Akibat luapan air tersebut, tanggul jebol sepanjang 3 meter dan 7 titik sleding di area yang berdekatan di wilayah Desa Tambakploso Kecamatan Turi.
Dalam sidak tersebut Bupati yang kerap disapa Pak Yes ini perintahkan agar segera dilakukan tanggap darurat penanggulangan banjir.
“Saya memerintahkan kepada OPD terkait khususnya BPBD dan Dinas PU SDA agar segera melakukan langkah cepat tanggap darurat banjir,” ungkap Pak Yes.

Menurut Kepala Dinas PU SDA M.Jupri dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilakukan perbaikan tanggul Kali Plalangan di titik Desa Pomahanjanggan dan di Desa Bambang, begitu pula di titik Desa Balun.

Selain terjadi luapan air di Kali Plalangan, juga terjadi banjir di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang dan Desa Kalitengah Kecamatan Sugio yang membuat 36 rumah warga terdampak. Tak hanya itu, sepanjang 40 meter jalan poros Desa Kalitengah juga mengalami rusak parah.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD telah terjun ke lapangan sesaat setelah kejadian untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat di lokasi banjir untuk mengantisipasi banjir susulan dengan membersihkan aliran sungai yang bermuara ke Waduk Gondang Kecamatan Sugio.
Selain melakukan sidak, pada kesempatan yang sama juga diberikan bantuan logistik serta bantuan pasca banjir.
Pak Yes juga menyampaikan agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Berdasarkan data BMKG, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan oleh karena itu harus tetap ditingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” pesan Pak Yes. (Red/*)
×
Berita Terbaru Update